Pembukuan Usaha Bersama Berbasis Akuntansi

Pembukuan Usaha Bersama Berbasis Akuntansi

oleh: H. Iskandar Zulkarnain

Dari beberapa literatur kita dapat mengetahui pengertian AKUNTANSI yaitu, Prosedur atau seni mencatat, mengklasifikasi dan melaporkan dalam bentuk laporan keuangan.

Yang nama nya ilmu seni tentunya sangat bervariasi tapi karena pencatatan tersebut memiliki maksud dan tujuan maka diaturlah dalam kaidah standar yang diterapkan oleh pemerintah dalam PSAK (Pernyataan Standart Akuntansi Keuangan), tanpa adanya aturan tersebut maka seseorang atau perusahaan akan membuat laporan keuangannya sesuai dengan maksud dan tujuannya, contoh, untuk mengajukan kredit ke perbankan, maka dibuatlah laporan semanis mungkin supaya terlihat menguntungkan, tapi kalau laporan untuk perpajakan dibuat sepahit mungkin untuk menghindari kewajiban perpajakan.

Aturan tersebut nantinya merupakan dasar kita melakukan pencatatan dalam bentuk jurnal. Sebelum masuk ke dalam jurnal berikut ini mari kita persiapkan langkah langkah awal sebelum membicarakan jurnal tersebut.

Bentuk dasar semua pembukuan di kenal dengan istilah Work sheet, atau Kertas kerja, silakan di download dulu contoh Worksheet yang dimaksud.

Dalam file worksheet tersebut terdapat sheet sheet yang berisikan jurnal-jurnal untuk mencatat tiap transaksi, lalu ada Sheet neraca dan sheet laporan Laba rugi yang terupdate setiap ada penambahan jurnal. Jadi dengan cara sederhana ini kita bisa langsung membuat laporan keuangan sementara bulanan, atau mingguan atau bahkan harian.

Tahap tahap persiapan

1. Pertama kali yang dibuat adalah, bagi usaha yang sudah jalan yaitu menyalin format Neraca dan Laba rugi dalam kolom Trial Balance pada sheet Worksheet, dalam bentuk satu kolom sehingga terbentuk seperti contoh. Bagi usaha yang baru akan jalan, maka dibuat simulasi terlebih dahulu laporan keuangan usaha baik neraca dan laba rugi.

2. Membuat penomoran akun, atau Cart of Account (COA), cara penomoran dilakukan sesuai dengan urutan liquditas pada neraca dan urutan pada laporan Laba rugi. Penomoran harus unique dan teratur sehingga tidak ada akun yang doubel atau karena tidak teratus susah untuk melakukan entry jurnal, karena nantinya entry jurnal dilakukan berdasarkan no akun tersebut.

Silakan didownload dulu contoh file, dan dipersiapkan pembukuan masing masing dan dikonsultasikan (ditanyakan) mana yang belum jelas…..

Silakan DOWNLOAD contoh file-nya disini: https://docs.google.com/file/d/0B2WqJUcF-qXaNXlZVjROZmN5RXM/edit?usp=sharing

keterangan:
setelah file dibuka, klik FILE > DOWNLOAD > SAVE FILE > OK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *